Diarpus Kukar Laksanakan Rakor Bidang Perpustakaan untuk Semua Jenjang

Share

Tenggarong, KBKPI NEWS – Menindaklanjuti kegiatan sosialisasi pengelolaan perpustakaan dan budaya baca di akhir tahun 2023, kini Diarpus Kutai Kartanegara menggelar Rapar Koordinasi Bidang Perpustakaan untuk semua jenjang sekolah se-Kabupaten Kutai Kartanegara. Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Januari 2024 di aula perpustakaan umum Kabupaten Kutai Kartanegara, diikuti 250 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan pengelola perpustakaan dari jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK yang mewakili hampir semua kecamatan se-Kutai Kartanegara.

Menghadirkan narasumber bapak Taufik, Kabid BP3KM DPKD Kaltim, membahas tema ‘Mewujudkan Masyarakat Literat dengan Perpustakaan yang Berkualitas’. Tujuan paparan ini adalah sharing session arti pentingnya perpustakaan  dalam mewujudkan masyarakat yang literat. Selain itu juga untuk mensosialisasikan instrumen akreditasi perpustakaan versi baru tahun 2022. Beliau juga mengharapkan adanya peningkatan kompetensi pengelola perpustakaan untuk mengikuti dan sukses melaksanakan kegiatan akreditasi perpustakaan.

Hj Ratna Kuntiati selaku moderator sesi paparan mengatakan bahwa lebih dari 300 perpustakaan di Kutai Kartanegara baru 57 yang terakreditasi. Ditambahkan oleh narasumber bahwa dengan memahami proses akreditasi diharapkan akan semakin banyak perpustakaan yang terakreditasi di tahun ini. Meskipun dalam peraturan baru ada 9 poin penilaian, namun indikator pertanyaan kunci lebih sedikit dibanding peraturan lama yang menilai 6 poin penilaian, namun indikator kuncinya lebih banyak.

Untuk menambah pemahaman terkait penatausahaan perpustakaan, perpustakaan daerah telah menyiapkan juknis yang akan dibagikan secara gratis kepada perpustakaan di kabupeten/kota melalui Diarpus.