Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2021

Share

Senin, 4 Oktober 2021 Siswa SMP mengikuti kegiatan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rentang waktu 4 hari ini terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang 1 tanggal 4-5 Oktober 2021 sedangkan gelombang 2 tanggal 6-7 Oktober 2021. Siswa yang mengikuti ANBK adalah siswa yang berada di kelas VIII. Setiap sekolah dipilih secara sistem 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai peserta cadangan. Apabila jumlah siswa tidak mencapai 50 anak, maka seluruh siswa diikutkan dalam kegiatan ini.

Proses ANBK dilaksanakan secara daring dengan PTM terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Karena kondisi sarana tiap sekolah sangat beragam, maka setiap sekolah diberi kebebasan untuk mengatur sesi hingga tiga sesi dalam satu hari.

Dari seluruh sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara yang menyelenggarakan ANBK, ada 12 sekolah yang melaksanakan secara online dan lainnya secara semi online. Sekolah yang tidak memiliki perangkat komputer yang memadai maka sekolah dapat menumpang kepada sekolah lain yang memungkinkan untuk ditumpangi.

Selain kegiatan ANBK untuk siswa dengan materi literasi dan numerasi, maka para guru juga mengikuti kegiatan survei lingkungan secara online yang dilaksanakan tanggal 4-7 dengan tanpa ada batasan waktu sesi dan gelombang. Diharapkan peserta ANBK dan survei lingkungan dapat memberikan jawaban dengan jujur sehingga dapat diperoleh gambaran kondisi pendidikan di Indonesia.

     

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *