ANBK Tingkat SMP Se-Kukar Digelar Dua Gelombang

Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 tingkat SMP di Kabupaten Kutai Kartanegara dilaksanakan tanggal 19-20 Sepetember untuk gelombang satu dan tanggal 21-22 September untuk gelombang dua. Pelaksanaan dua gelombang ini diserahkan kepada satuan pendidikan untuk menentukan gelombang yang dipilih sesuai kesiapannya. Pelaksanaan ANBK cukup lancar karena telah melewati kegiatan simulasi yang dilaksanakan tanggal 12-13 dan 14-15 September 2022, sepekan selum ANBK.

Dari 145 satuan pendidikan di Kutai Kartanegara, 127 satuan pendidikan melaksanakan ANBK dengan sistem semi online dan sisanya melaksanakan secara online. Kegiatan diawali dengan proses sinkronisasi pada Sabtu, 17 September 2022. Sekolah mengunduh data siswa dan soal-soal AKM. Sementara pada hari pelaksanaan, siswa mengerjakan soal memakai komputer yang hasilnya disimpan di server sekolah. Selanjutnya data tersebut dikirim ke server pusat.

Kendala yang ditemukan selama pelaksanaan ANBK secara umum adanya peralatan komputer yang rusak, mati listrik, server pusat tidak mampu melayani siswa secara serentak sehingga siswa kesulitan login. Secara teknis penyelesaian masalah ditangani oleh teknisi dan proktor satuan pendidikan. Apabila kendala tidak teratasi, maka Dinas Pendidikan menyiapkan tim IT yang siap membantu mencari solusi.